Tempat Wisata

Ini Jadwal Pembukaan Beberapa Tempat Wisata Di Indonesia

Tue, 14/07/2020 15:08 , Ari
Share
Ini Jadwal Pembukaan Beberapa Tempat Wisata Di Indonesia


Haii Sobat MPW!!
Udah kangen liburan? Kebetulan banget MPW mau kasih info kota / provinsi mana aja yang tempat wisatanya sudah dibuka, yuk liat dimana aja!!

1. DKI Jakarta

Jakarta merupakan salah satu daerah yang sudah membuka kembali tempat wisata nya. Disparekraf DKI melalui laman Instagram resmi nya mengumumkan bahwa mulai per 8 juni 2020 destinasi wisata seperti museum, kawasan budaya, dan taman publik sudah dibuka kembali. pastinya dengan adanya kabar ini kita semua bisa refreshing sejenak setelah kita beberapa bulan dirumah aja, tapi tetap pada protokol kesehatan ya pastinya. Tempat wisata yang sudah dibuka di jakarta antara lain, museum sejarah jakarta, museum taman prasasti, kawasan perkampungan budaya betawi, taman benyamin sueb, taman ismail marzuki. dan untuk destinasi wisata utama Jakarta seperti taman impian jaya ancol, taman mini indonesia indah, dan ragunan sudah dibuka per 20 juni lalu.

2. Sumatera Barat

Di sumatera Barat ada kota Bukittinggi yang sudah membuka beberapa destinasi wisatanya. Bukittinggi pun menjadi kota pertama di Sumatera Barat yang sudah memulai tatanan new normal. Destinasi wisata di Bukittinggi yang sudah dibuka antara lain kebun binatang Bukittinggi, monumen jam gadang, ngarai lembah sianok, dan masih banyak lagi.

3. Riau

Selain di Sumatera Barat, provinsi di pulau Sumatera yang sudah memulai kehidupan new normal adalah Riau. keputusan itu ditentukan setelah Gubernur Riau memutuskan PSBB tidak diperpanjang.Ada enam daerah di Riau yang sudah dinyatakan aman yaitu, Pekanbaru, Dumai,Kampar, Pelalawan, dan Bengkjalis. Keenam daerah itu telah membuka destinasi pariwisata dengan menerapkan protokol kesehatan pastinya.

4. Jawa Barat

Untuk di daerah Jawa ada Provinsi Jawa Barat yang sudah mulai membuka destinasi wisatanya, lebih tepatnya di Kabupaten Pangandaran. Tapi untuk menuju kesana wisatawan diwajibkan membawa surat bebas Covid-19 atau harus menjalani rapid test terlebih dahulu. Melalui Bupati Pangandaran wisata disana mulai dibuka per 5 juni lalu. Di pintu masuk perbatasan Ciamis dan Pangandaran sudahj disiagakan penjagaan ketat aparat gabungan untuk memeriksa semua wisatawan / pendatang sudah memiliki surat bebas Covid-19.

5. Jawa Timur

Untuk wisata di daerah jawa timur ada kawah ijen yang mulai membuka wisatanya, hal itu ditunjukan karena adanya simulasi pembukaan Taman Wisata Alam Kawah Ijen pada 29-30 juni lalu. tiket simulasi menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi ludes dalam waktu 3 jam dengan 450 pengunjung yang boleh masuk. TWA dibuka mulai pukul 08.00 - 13.00. disana juga sudah bersiaga beberapa dinas dan stakeholder untuk melakukan penilaian sertifikasi new normal antara lain, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup,termasuk juga dari BKSD dan beberapa tim penilai sertifikat new normal.

6. Bali

Selanjutnya tempat wisata akan dibuka adalah Pulau Bali. Bendesa Agung Majelis Desa Adat (MDA) Bali Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet telah membuat acuan desa adat untuk memnpersiapkan diri dalam menghadapi virus corona ini sehingga nantinya para wisatawan yabg datang ke Bali tetap merasa aman. Bali dibuka untuk wisatawan lokal mulai dari 31 juli sedangkan untuk wisatawan mancanegara dibuka mulai 11 september.

Nah itu dia informasi mengenai daerah mana saja yang sudah mulai membuka kembali tempat wisata nya.

Sumber : https://travel.tempo.co, https://travel.detik.com, https://radarbali.jawapos.com

Share

KOMENTAR :